Saturday, August 11, 2018

Influencer



Salam

Topik yang mau saya tulis ini dari kemarin sudah lumayan viral banget. Jadi karena ada 1orang yang disebut Influencer / Selebgram ini posting tentang alat injeksi pengencang payudara dan vagina. What ? Gak ngerti lagi deh pokoknya.

Oke topik ini sensitif sebenarnya,apalagi ini pun ranah pekerjaan saya yang bisa dibilang remah-remah influencer ini

Sebelumnya kenalan dulu apa sih sebenernya Social Media Influencer itu. Jadi kalau dulu nih sebuah brand mau mempromosikan produk mereka seperti yang kita tau mereka menggunakan media seperti TV atau Radio. Tapi di era digital sekarang ini beralih lah ke sosial media. Nah melalui sosial media inilah brand membutuhkan social media influencers untuk membantu mereka memperkenalkan produk ke khalayak umum karena para social media influencer ini dianggap punya banyak pengikut yang terpercaya dan berharap bisa meningkatkan brand awareness terhadap produk mereka. Gitu lah kira-kira..

Naaah sekarang ini nih banyaaaakk banget orang disocial media yang mendapatkan julukan Influencer / Selebgram ini,tapi kalau saya merasa Influencer dan Selebgram itu beda. 

Jadi gini,Influencer dan Selebgram ini banyaaak banget,ada yang artis,model,blogger,vlogger,fashion and beauty enthusiast,dsb dan mereka biasanya dibayar untuk review atau posting sebuah produk. Produknya juga macem-macem dari brand besar sampai skala online shop. Setiap Influencer dan Selebgram ini biasanya sih mereka udah punya personal branding sendiri jadi kalau yang oke banget mereka akan selektif sekali menerima job review ini. Tapi ada juga yang semua produk diiklanin tanpa pikir efek kedepannya setelah mereka post bakalan seperti apa ke pengikut mereka. Yang seperti ini yang bahaya.

Tau dong di social media banyaaaakk banget yang jual lotion pemutih,obat peninggi,pelangsing tubuh,behel palsu,make up kw dan pengencang payudara bahkan alat untuk bikin kamu yang udah gak perawan jadi perawan kembali,hello ? make sense gak siihh

Selain Awkarin sebenernya ada beberapa orang yang saya kenal pernah beberapa kali posting video di Ig Story lotion pemutih yang "seolah-olah" seperti mereka sedang pakai itu. Kenapa saya bilang seolah-seolah ? Ya karena itu bukan video mereka,bukan tangan mereka dan video itu dipakai oleh beberapa orang untuk dipost di Ig mereka. Apa namanya kalau bukan pembohongan publik. 

Saya pernah ngobrol serius banget dengan seseorang yang mengerti tentang seluk beluk digital marketing ini,tau gak sasaran para online shop yang menjual produk yang saya sebutkan diatas itu adalah kalangan menengah kebawah,remaja dibawah umur atau yang sudah cukup umur tapi tidak teredukasi dengan baik. Nah trus kebayang gak kalau influencer dan selebgram dengan followers yang jutaan itu ikut promosiin produk tersebut dan dibeli produknya oleh followers mereka dan ternyata itu membahayakan. Apa mereka mau ikut tanggung jawab ? Ngga kan. Terus apa mereka pake produknya ? Ya ngga lah.. Sedangkan followers mereka ikutan beli karena mereka yakin bahwa selebgram itu pakai produknya. 

Saya pribadi sebelum saya terima review produk tertentu udah pasti setidaknya produk tersebut pernah saya pakai,sedang saya pakai atau saya memang ingin mencoba produk tersebut. Jadi saya betul-betul pakai dan tau apa yang saya rasakan. Let say Calysta Skin Care,dulu diawal kerjasama saya sempat bilang ke Mba Yuli salah seorang foundernya gini " mba kalau ternyata setelah saya pakai dan produknya gak cocok sama saya,saya ga jadi review ya,dan uangnya saya kembalikan " 
Kenapa saya bilang gitu ? Karena saya gak mau review boong. 

Jadi please banget untuk para teman Influencer dan Selebgram,selektif lagi memilih produk yang kalian terima untuk direview,karena efek kedepannya bahaya banget. Ada yang sampai harus cuci darah lho gara-gara gagal ginjal setelah minum obat pelangsing. Serem kan. Please bijak dan jangan tergiur uang yang didapat dari hasil membohongi orang lain.  

Peace,Love and Gaul :*




Not allowed to copy & paste photo without permission. Copyright larasatiiputri's Blog

2 comments:

  1. Iya nih bikin gregetan yaa.Gitu lah kalau patokannya cuma "punya banyak followers,bisa promote onlineshop dan dapat duit tapi gak mikir efek baik-buruknya". Yang disayangkan banget justru yang punya followers ratusan ribu bahkan jutaan yang sering begini :(. Mudah-mudahan dengan semakin banyak yang speak up soal ini, jadi ada perubahan yang lebih baik ya, Put..

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mindaa betull.. InsyaAllah sudah banyak yg mau speak up dan masalah ini lg ditindak lanjut oleh bbrp influencer juga

      Delete