Tuesday, November 17, 2015

New Parent Academy

Assalamualaikum Dear Friends


Mau ngebahas tentang Parenting dikit boleh yaaa..

Ada yang pernah dengar tentang New Parent Academy ? 

New Parent Academy bisa dibilang adalah sekolah singkat untuk para orang tua. Emang jadi orang tua ada sekolahnya ? Bukannya tiap hari juga belajar jadi orang tua. 
Eitss jangan underestimate dulu NPA ini.



Yang namanya jadi orang tua memang ga akan pernah selesai belajarnya,bahkan sampai kita mati. Karena bakal ada terus hal-hal yang dipelajari setiap harinya. NPA ini membuat kemudahan untuk para orang tua muda belajar bagaimana menjadi orang tua yang lebih baik,dengan mengesampingkan mitos-mitos yang dahulu orang tua kita sering bicarakan. Bertemu dengan pakarnya langsung,yang akan menjelaskan semuanya secara ilmiah dan bisa diterima logika. Itu pendapat saya lho yaa. 

Beberapa waktu kemarin saya hadir di Short Class nya NPA sebagai Bintang Tamu untuk sharing mengenai kekhawatiran saya sebagai orang tua baru terhadap Tumbuh Kembang Alula.
Acara dibuka oleh Presentasi oleh SpA,Dr Meita ahli Tumbuh Kembang anak,beliau menjelaskan tahapan-tahapan tumbuh kembang anak dan bagaimana kita harus mulai aware apabila pada usia tertentu ternyata anak kita belum bisa menegakkan kepala,belum tumbuh gigi,merangkak,bubbling,bicara dan berjalan. Karena seharusnya anak berkembang sesuai dengan usia mereka.





Banyak ternyata hal-hal yang tidak saya tahu mengenai tahapan tumbuh kembang anak,dan saya beruntung sekali bisa mendapatkannya di NPA ini..

Nah! Kalau saya sendiri termasuk tipe orang tua yang "khawatiran". Apalagi ketika usia 7 bulan Alula belum tumbuh Gigi sedangkan teman sebayanya sudah. Setelah konsul dengan dokter ternyata itu wajar. 
Pola asuh juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Kalau di kasus saya yang sempat LDR dengan suami dan tinggal dengan orang tua dimasa-masa Golden Age Alula,ternyata itu mempengaruhi nafsu makan dan kebiasaan Alula. Ketika akhirnya kami tinggal hanya bertiga,perkembangan Alula pesat,jarang sakit dan lebih bisa dikontrol dari segi Emosinya. 

So far pertumbuhan Alula ga ada masalah dan semoga seterusnya seperti itu.. 

Buat para orang tua muda,kalau menurut saya yaa ga ada salahnya ikut kelas yang diadakan New Parents Academy ini. InsyaAllah bermanfaat sekali. Kalau diadakan lagi Short Class nya di Bandung saya juga mau ajak suami buat datang lagi. 

Terima Kasih yaa New Parent Academy for having us.. Semoga sharing dari saya dan Ghaida bisa bermanfaat.

Say a & Ghaida Sharing tentang Tumbuh Kembang Anak

Saya,Dr Meita & Ghaida

4 comments:

  1. Bener banget gak sda salahnya nambah ilmu. Apalagi ada pakar yang lebih ngerti kaya gini

    ReplyDelete
  2. Kemarin mau nyoba ikutan ini tapi batal...butuh materi yg 2 tahun keatas xD
    Semangat mama alula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget mba gak jadi ikutan padahal materinya masuk lho :)

      Delete