Tuesday, March 17, 2015

Book Review : Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya

Assalamualaikum Dear Friends

Udah pada baca novel "Sabtu Bersama Bapak" ? 


Ini Novel terbaru karya Adhitya Mulya,yang juga penulis Novel Jomblo.

Saya baru saja selesai membaca novel ini.. 

Di novel Sabtu Bersama Bapak kali ini ceritanya bener-bener "dalem" banget. Dalem disini maksudnya,begitu banyaak banget "pesan" yang sangat amat layak untuk diingat dan bahkan mungkin ditanamkan dikehidupan sehari-hari kita,tentang Cinta dan Kehidupan.

Novel ini menceritakan tentang sebuah keluarga kecil yang sederhana,Keluarga Bapak Gunawan Garnida dan Itje Garnida dengan anak-anak mereka yaitu Satya dan Cakra. Karena umur yang tak lama lagi akibat penyakit Kanker yang di deritanya,maka Sang Bapak menyiapkan sebuah video-video khusus untuk kedua anak lelakinya yang berisikan pesan dan nasihat-nasihat dalam menjalankan kehidupan nantinya

Video-video ini diperlihatkan kepada Satya dan Cakra setiap hari Sabtu,pada momen-momen khusus.

“Hai, Satya! Hai, Cakra!” Sang Bapak melambaikan tangan.
“Ini Bapak. Iya, benar kok, ini Bapak. Bapak cuma pindah ke tempat lain. Gak sakit. Alhamdulillah, berkat doa Satya dan Cakra.

Mungkin Bapak tidak dapat duduk dan bermain di samping kalian. Tapi, Bapak tetap ingin kalian tumbuh dengan Bapak di samping kalian. Ingin tetap dapat bercerita kepada kalian. Ingin tetap dapat mengajarkan kalian. Bapak sudah siapkan.
Ketika punya pertanyaan, kalian tidak pernah perlu bingung ke mana harus mencari jawaban. I don’t let death take these, away from us. I don’t give death, a chance.
Bapak ada di sini. Di samping kalian. 
Bapak sayang kalian."

Novel kali ini berisikan sesuatu yang lumayan serius tapi juga diselingi dengan "humor" khas Adhitya Mulya. Novel ini bisa bikin kita tertawa,sedih,terharu dan sekaligus "mikir".  

Banyak quote-quote menarik di novel ini,berisikan pesan-pesan moral yang bisa kita aplikasikan dikehidupan sehari-hari,seperti :

"Mimpi hanya baik jika kita melakukan planning untuk merealisasikan mimpi itu. Jika tidak,kalian hanya akan buang waktu. Kejar mimpi kalian. Rencanakan."

"Harga diri kita datang dari akhlak kita. Harga diri datang dari dalam hati dan berdampak ke orang luar. Bukan dari barang/orang luar ,berdampak ke hati." 

"Anak yang baik. Anak yang jujur. Anak yang berani bilang 'saya benar' ketika benar. Anak yang berani bilang 'maaf' ketika salah. Anak yang berguna bagi dirinya dan orang lain."

"Menikah itu banyak tanggung jawabnya. Rencanakan.Rencanakan untuk kalian. Rencanakan untuk anak-anak kalian."

"Laki atau Perempuan yang baik itu gak akan bikin pasangannya cemburu. Laki atau Perempuan yang baik itu bikin orang lain cemburu sama pasangannya." 
"Karena Tuhan pun melihat manusia dari yang benar dan salah. Dan yang benar itu yang baik,bukan darimana ia berasal."


Quote nya bagus-bagus yaa.. Saya nih as a parent,mother and children lumayan "belajar"dari novel ini. Ada beberapa ilmu parenting yang dibahas dinovel ini. Kalo mau tau lebih banyak lagi,mendingan beli deh novelnya. Beneran gak bakal rugi baca novel ini,terhibur sekaligus belajar.
Yang merasa dirinya laki-laki sepertinya wajib baca Novel ini deh :)))




11 comments:

  1. aku baca udah lama dan emang favorit bangeeT! bentar lg difilm-in lho iniiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa nintaa,favorit deh ini.. Can't wait to watch the movie makanyaaa.. Semoga ga jauh beda sm novelnya yaa

      Delete
  2. Udah lama banget hobi baca novel ku hilang begitu saja.. pengen baca novel lagi, dan penasaran pengen baca novel ini dari lama cuma ga sempet terus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indaaah akupun baru mulai baca novel lagi itu tahun ini.. Kna ditahun2 sebelumnya sibuk sm bayi.. Skr kan si bayi uda gede jadi mamanya bisa me time dehh.. Dulu siih novel sampe dijatahin ada anggaran khusus hehehe.. Baca novel tuh seru yaaa..

      Delete
  3. sama kayak indah aku udah lama bgt ga baca novel. padahal dulu novel adithya mulya sama ninit yunita adl novel2 favoritku. tp itu quote2nya emang bagus2 banget yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca novel itu emang bener2 harus diluangkan siih wktnyaa yaa.. Klo banyak gangguan kepotong2 malah jd ga seru.. Aku tipe yg baca novel harus lgs habis hari itu hahaha kepotong dikit2 gpp laah..

      Quotenya juaraaa semua.. Pgn ditulis semua rasanya hahaha

      Delete
  4. Jadi inget kalau belum jadi2 baca buku ini XD

    ReplyDelete
  5. Ini buku emang keren banget! Banyak pelajaran dari segi financial planning & parenting, tapi dikemas menarik. Top banget deh Adithya Mulya :D
    Apalagi hepi ending hehehehehee bahagia dahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangettt bahasan soal financial planningnya secara implisit tapi ttp jd bikin mikir.. Pokoknya ini novel bukan novel biasa deeeh.. Buat yg pgn bangun rumah tangga cocok bgt :)))

      Delete